Liga Champions: Kiper Casillas Akan Berhadapan Dengan Buffon

Liga Champions: Kiper Casillas Akan Berhadapan Dengan Buffon
Liga Champions: Kiper Casillas Akan Berhadapan Dengan Buffon

Liga Champions: Kiper Casillas Akan Berhadapan Dengan Buffon

Laga Porto vs Juventus juga akan menghadapkan dua kiper kawakan di masing-masing kubu: Iker Casillas dan Gianluigi Buffon.

Kedua tim itu akan berhadapan di 16 besar Liga Champions, dengan Porto lebih yang dulu menjamu Juventus pada partai leg pertama di Estádio do Dragão, Rabu (22/1/2017) waktu setempat.

Casillas di kubu Porto dan Buffon yang mengawal gawang Juventus akan sama-sama mempertontonkan kelihaiannya dalam mencegah si kulit bundar melewati mereka.

Berikut catatan seputar dua kiper top itu seperti dikutip UEFA.com.

1. Kiprah Iker Casillas di Liga Champions diawali dengan kebobolan tiga gol dalam debutnya di ajang itu, dalam sebuah hasil seri di markas Olympiakos pada September 1999.

Setelah enam penampilan, ia bahkan harus memungut bola dari dalam gawangnya tidak kurang dari 15 kali. Tetapi musim berakhir manis — di akhir musim ia merupakan kampiun Liga Champions usai jadi kiper termuda di final.

2. Gianluigi Buffon berusia 19 tahun ketika membuat debutnya di ajang ini bersama Parma pada 1997-98 — musim tunggal, dari 13 musimnya di Liga Champions, yang tidak dijalani bersama Juventus).

3. Ada 29 pemain yang sudah membuat 100 penampilan atau lebih di Liga Champions, tapi cuma ada lima kiper di antaranya: Buffon (101), Oliver Kahn (103), Victor Valdes (106), Petr Cech (111), dan Casillas (162).

Pencapaian Casillas di ajang tersebut merupakan rekor untuk semua posisi, 11 lebih banyak dari pemain berikutnya yakni Xavi Hernandez. Menariknya, Buffon dan Casillas punya caps internasional sama: 167.

4. Casillas sudah tiga kali menjuarai Liga Champions, sama seperti Victor Valdes (Barcelona), Ray Clemence (Liverpool), Sepp Maier (Bayern Munich), dan Heinz Stuy (Ajax).

Cuma satu kiper yang pernah lebih banyak meraihnya: Juan Alonso, andalan Real Madrid pada periode kesuksesan antara 1956-1960. Buffon belum pernah mengangkat trofi Liga Champions tapi pernah dua kali jadi runner-up.

5. Casillas membuat rekor 57 clean sheet di Liga Champions, tapi persentase pertandingannya membuat catatan itu masih kalah dari Buffon: 35% banding 42%.

Leave a Reply

%d bloggers like this: