Manchester United Memang Cuma Finis Keenam, Namun….

Manchester United Memang Cuma Finis Keenam

Manchester United Memang Cuma Finis Keenam

Berdasarkan studi yang dilakukan KPMG, sebuah perusahaan jaringan global yang menyediakan jasa audit dan perpajakan, Manchester United saat ini berada di atas Real Madrid dan Barcelona untuk urusan kekayaan, meskipun pemiliknya keluarga Glazer punya utang hampir setengah miliar Poundsterling.

Daftar klub terkaya dari laporan KPMG didominasi klub Inggris. Dari 19 besar, enam di antaranya merupakan klub yang bermain di Premier League.

Kekuatan finansial Inggris sangat terlihat terlihat pada laporan tahun kedua KPGM. Studi tersebut melihat 39 klub berdasarkan popularitas mereka di media sosial, pendapatan musim 2014/2015 dan 2015/2016, serta kesuksesan di kompetisi Eropa.

Kemudian klub diberi peringkat berdasarkan berapa nilai mereka bila dibeli, termasuk perhitungan utang.

Meski belum merajai Premier League lagi, Vice-chairman Manchester United, Ed Woodward (kanan) tetap puas secara finansial.

Walau dua musim terakhir Manchester United mengecewakan secara prestasi, namunĀ nilai komersial Setan Merah melonjak bila dibandingkan Real Madrid dan Barcelona. Mereka menjadi klub pertama yang nilai perusahaanya mencapai 3 miliar Euro atau tak kurang dari 44,65 triliun Rupiah.

Bayern Munich tetap di urutan keempat, sementara Manchester City berhasil menyalip Arsenal untuk duduk di posisi kelima. Tetapi kedua klub ini nilai perusahaannya di bawah 1,7 miliar (sekitar Rp29 triliun).

Nilai Arsenal diprediksi pada kisaranĀ 1,54 miliar Poundsterling (sekitar Rp26,2 triliun), jumlah yang sama dengan tawaran Alisher Usmanov yang baru-baru ini ditolak The Gunners.

Chelsea, Liverpool, Juventus, dan Tottenham secara berturut-turut mengisi empat posisi berikutnya, itu berarti ada enam klub Premier League yang masuk dalam 10 besar.

Leave a Reply

%d bloggers like this: